10 Tips Memilih Lokasi Usaha Ideal di Jakarta

Menjalankan sebuah bisnis memang tidaklah mudah, banyak yang harus diperhatikan, dari mulai faktor internal dan faktor eksternal, termasuk memperhatikan lokasi. Lokasi usaha yang ideal menjadi salah satu faktor penting yang harus  diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Para pengusaha selalu memiliki pertimbangan yang matang mengenai lokasi sebelum membuka usahanya.

Lokasi usaha yang tepat, diharapkan dapat memenuhi harapan pengusaha untuk menarik konsumen dalam rangka mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, apabila terdapat kesalahan dalam pemilihan lokasi akan menghambat kinerja bisnis dan keuntungan yang tidak maksimal. Sebab, banyak orang yang gagal memulai bisnis karena salah dalam memilih lokasi usaha. Tempat yang kurang strategis akan membuat produk kita sulit dilihat orang, meskipun harganya sudah bersaing.

Lalu, bagaimana cara menentukan lokasi usaha yang ideal? berikut ulasan nya.

  • Lokasi yang Ramai
lokasi usaha ideal di jakarta
Photo by Jack Finnigan on Unsplash

Dalam menjalankan usaha, faktor utama yang harus diperhatikan adalah tempat. Lokasi usaha yang ramai menjadi pertimbangan karena banyak dilalui orang. Peluang usaha anda akan mendapatkan perhatian dari orang akan lebih besar karena mobilitas yang tinggi orang-orang disekitar lingkungan tersebut

Baca juga : Sunset Avenue, kawasan bisnis hadap danau

  • Keamanan
lokasi usaha ideal di jakarta
Photo by Michał Jakubowski on Unsplash

Lokasi bisnis yang ramai dengan mobilitas orang yang tinggi tentunya membutuhkan kemanan yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Keamanan yang baik akan membuat pelanggan atau calon pelanggan anda menjadi tidak khawatir untuk mendatangi tempat anda.

  • Kebersihan Lokasi Usaha

Meskipun ditempat yang ramai,  namun jika anda memilih tempat untuk usaha yang kurang bersih akan menjadi nilai minus yang akan dilihat oleh pelanggan. Terlebih jika usaha anda dibidang makanan dan minuman. Faktor kebersihan tempat usaha adalah faktor yang harus diperhatikan ketika anda memilih lokasi bisnis.

  • Akses Strategis

Akses yang strategis akan menjadi nilai plus tersendiri karena tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen. Usahakan agar jalan di sekitar lokasi usaha cukup lebar, sehingga kendaraan bisa masuk-keluar. Jika memungkinkan, pilih lokasi usaha yang berdekatan dengan fasilitas atau transportasi umum seperti bandara atau pintu tol. Agar konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau tempat usaha kita.

Baca juga : Ruko Strategis di AEROLINK BOULEVARD Citragarden City

  • Perizinan Lokasi Usaha

Sebelum membuka usaha biasanya kita diwajibkan untuk mengurus perizinan. Jenis usaha yang dijalankan sangat mempengaruhi perizinan dengan lingkungan sekitar. Warga cenderung akan menolak jika bisnis yang dijalankan menimbulkan suara bising, bau menyengat, atau menghasilkan limbah tertentu. Hindari lokasi-lokasi yang bersengketa, agar tidak merugikan tempat usaha kita di kemudian hari.

  • Topografi Wilayah
topografi wilayah
Photo by Valeria Fursa on Unsplash

Faktor bencana juga harus anda masukan ketika akan memilih tempat usaha yang ideal. Perhatikan wilayah yang akan anda pilih untuk menghindari resiko banjir dan tanah longsor ketika sedang musim hujan. Karena hal tersebut seringkali luput dari perhatian ketika akan memilih tempat untuk usaha.

  • Harga

Poin yang satu ini tentunya menjadi pertimbangan awal yang sangat diperhatikan ketika hendak memilih tempat untuk berbisnis. Cocok atau tidak nya sebuah tempat usaha kembali kepada budget anda masing-masing. Tetapi paling tidak anda memiliki pertimbangan harga dengan budget yang anda miliki

  • Lahan Parkir
parking area
Photo by John Matychuk on Unsplash

Ketersediaan lahan parkir menjadi faktor yang harus juga anda perhatikan ketika memilih tempat usaha. Memilih lokasi usaha yang memiliki lahan parkir dapat membuat konsumen mempertimbangkan untuk berkunjung ketimbang tempat lain yang tidak memiliki tempat parkir.

  • Cek Kompetitor

Perhatikan lingkungan ketika anda memilih tempat untuk usaha, banyak atau tidak kompetitor anda dalam wilayah tersebut. Bagi anda yang baru akan memulai bisnis, sebaiknya hindari berada satu lokasi dengan kompetitor yang sudah terlebih dahulu memiliki nama besar.

  • Riset Pasar

Terakhir, lakukan riset pasar mengenai usaha yang akan anda jalankan. Cocok atau tidak bisnis yang akan anda jalankan dengan lokasi yang sudah dipilih dan dengan masyarakat disekitar tempat yang nanti akan menjadi calon konsumen.

Itulah beberapa tips memilih lokasi usaha ideal di Jakarta. Memilih lokasi yang ideal untuk menjalankan bisnis memang gampang-gampang susah bagi setiap orang. Karena harus mempertimbangkan banyak hal. Dengan mengetahui cara memilih lokasi yang strategis untuk bisnis Anda, maka Anda bisa memaksimalkan peluang Anda sehingga mampu mendatangkan keuntungan maksimal.