Inilah Konsep Rumah Minimalis Modern

Selama beberapa tahun terakhir ini, rumah minimalis modern memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini bukannya tanpa alasan. Rumah minimalis modern sangat mengedepankan sisi simplicity, baik dari segi desain maupun ukuran. Jadi, rumah dengan ukuran luas terbatas pun masih bisa menonjolkan estetikanya.

Dengan kata lain, rumah minimalis modern lebih dari sekadar pemilihan warna hitam, putih, dan abu-abu. Penggunaan warna lain juga sangat memungkinkan untuk diterapkan pada rumah minimalis modern, kok. Nilai minimalis suatu hunian dapat Anda tonjolkan melalui beberapa konsep berikut ini.

Struktur bangunan rumah yang tidak ribet

Salah satu hal yang biasanya paling “terlihat” dari rumah minimalis adalah struktur bangunannya. Rumah minimalis modern memang memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda-beda, tergantung dari preferensi penghuninya masing-masing. Namun, semuanya memiliki satu kesamaan, yaitu struktur bangunan yang tidak ribet. Umumnya memang struktur bangunan rumah minimalis modern cenderung compact dan berbentuk simetris, baik secara horizontal atau vertikal.

Konsep ini jugalah yang bisa Anda temukan di kawasan perumahan modern terintegrasi, CitraGarden City. Proyek hunian yang dikembangkan oleh Ciputra Group ini menawarkan rumah-rumah dua lantai berbagai tipe yang mengusung konsep minimalis modern dan rumah tumbuh, yakni rumah yang dibangun dengan konsep jangka panjang. Jadi, tidak menggunakan seluruh lahan yang ada dan bisa digunakan untuk bangunan lainnya di kemudian hari. Walaupun desain eksteriornya berbeda, rumah-rumah di CitraGarden City terlihat menonjol dengan struktur bangunan berbentuk simteris seperti kubus dan persegi.

Minim dekorasi, desain tidak berbelit

Penggunaan furnitur dan pemasangan dekorasi di suatu rumah memang bergantung pada masing-masing penghuni. Namun, jika memang ingin memiliki rumah minimalis modern, maka sebaiknya gunakan furnitur seminim mungkin.

Lalu, apabila ingin memasang sejumlah dekorasi, pilih yang desainnya simpel atau tidak terlalu rumit. Untuk membantu Anda menentukan furnitur dan dekorasi, umumnya rumah minimalis modern ditandai dengan penggunaan tangga, kabinet panel datar, dan perangkat furnitur yang visualnya tampak “bersih”.

Pencahayaan maksimal dengan ruangan terbuka

Rumah minimalis modern identik dengan space yang terbatas, padahal tidak selamanya begitu. Dalam hal ini, yang lebih penting adalah ruangan yang terlihat lapang, bersih, dan terang di dalam rumah. Penggunaan sekat dikurangi agar ruangan terasa lebih luas. Contohnya, Anda bisa menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan tanpa sekat.

Akan lebih baik lagi jika Anda memasang jendela besar sebagai pengganti dinding Melalui jendela ini, sinar matahari bisa masuk dengan mudah sehingga selama pagi hingga sore hari, Anda tak perlu menyalakan lampu di dalam rumah. Tidak hanya pencahayaan bisa maksimal, Anda juga bisa sekaligus menghemat penggunaan listrik.

Simpel dalam bentuk dan fungsi rumah

Tatanan yang simpel dan efisien menjadi prioritas atau fokus utama pada konsep rumah minimalis modern. Dari sinilah Anda bisa menciptakan ruangan simpel dan tidak ribet. Itulah kenapa umumnya struktur bangunan rumah minimalis modern berbentuk kotak, seperti yang bisa Anda temukan pada hunian dua lantai berkonsep minimalis modern di CitraGarden City.

Namun, bukan berarti bentuk yang simpel mengurangi fungsi rumah itu sendiri. Justru dengan furnitur dan dekorasi yang minim, Anda sebagai penghuni justru bisa lebih leluasa dalam beraktivitas. Ditambah dengan pencahayaan maksimal, tentu rumah minimalis modern akan memberikan pengalaman hunian yang menyenangkan.

Setiap orang pasti memiliki ide berbeda tentang rumah minimalis modern. Namun, bagi Anda yang berencana membangun hunian dengan tema serupa, beberapa konsep rumah minimalis modern di atas bisa menjadi dasar pertimbangan. Semoga bermanfaat!